Home » , » 5 Film Pertama Indonesia

5 Film Pertama Indonesia

5 Film Pertama Indonesia
Perkembangan film memiliki perjalanan cukup panjang hingga pada akhirnya menjadi seperti film di masa kini yang kaya dengan efek, dan sangat mudah didapatkan sebagai media hiburan.





Berikut 7 Film pertama Indonesia :

1. Loetoeng Kasaoreng
5 Film Pertama Indonesia
adalah film pertama yang diproduksi di Indonesia. Film bisu ini dirilis pada tahun 1926 oleh NV Java Film Company. Disutradarai oleh dua orang Belanda, G. Kruger dan L. Heuveldorp dan dibintangi oleh aktor-aktris pribumi, pemutaran perdananya di kota Bandung berlangsung dari tanggal 31 Desember 1926 sampai 6 Januari 1927 di dua bioskop terkenal Bioskop Metropole dan Bioskop Majestic. Film Lutung Kasarung ini tercatat pernah diremake 2 kali yaitu tahun 1952 dan 1983.
Film ini dibuat berdasarkan cerita pantun dengan judul yang sama, yang berarti 'Si Lutung yang Tersesat', yang pada masa itu masih populer di masyarakat Sunda, dengan tokoh utama yang menyerupai seekor lutung.

2. Resia Boroboedoer
5 Film Pertama Indonesia
merupakan film bisu yang bercerita tentang Young pei fen yang menemukan sebuah buku resia (rahasia) milik ayahnya yang menceritakan tentang sebuah bangunan candi terkenal (Borobudur). 

3.Rampok Preanger
5 Film Pertama Indonesia
Merupakan film bisu yang menceritakan tentang seorang penyanyi keroncong terkenal pada Radio Bandung (NIROM) yang sering pula menyanyi berkeliling di daerah sekitar Bandung. Kemudian ia memasuki dunia tonil sebagai pemain sekaligus sebagai penyanyi yang mengadakan pagelaran keliling di daerah Priangan Timur.

4. Boenga Roos dari Tjikembang
5 Film Pertama Indonesia
Film ini menceritakan tentang hubungan antar etnis Cina & pribumi . Dibuat oleh orang kerutunan Jawa-Tiongha

5.Darah dan Doa
5 Film Pertama Indonesia
Film ini menceritakan tentang seorang pejuang revolusi Indonesia yang jatuh cinta kepada salah seorang Belanda yang menjadi tawanannya. Film ini juga merupakan Film pertama yang di buat oleh orang asli Indonesia:iloveindonesia

refrensi: terselubung

2 komentar:

  1. ane masih ingat sama film loetoeng kasaroeng pokok memories banget tuh film buat ane. masalahnya waktu itu ane baru punya televisi merk national.

    BalasHapus
  2. wah ane liat film itu waktu masih kecil bgt.

    BalasHapus